Senin, 29 Juni 2015

FUNGSI DARI KOMPONEN MESIN PENDINGIN

1. Kompreor (Conpressor )

Fungsi kompressor antara lain :

  • Mensirkulasikan bahan pendingin (refrigeran)
  • Mempertinggi tekanan agar bahab pendingin dapat berkondensi pada kondisi ruangan.
  • Mempertahankan tekanan yang konstan pada evaporator.
  • Menghisap gas tekanna dan suhu rendah dari evaporator dan kemudian menekan/menempatkan gas tersebut, sehingga menjadi gas dengan tekanan dan suhu tinggi, lalu di alirkan ke kondensor.sehingga gas tersebut, dapt mengembun yang memberikan panasnya pada medium yang mendinginkan kondensor dengan medium udara,air,fan
2. Kondensor

Kondensor akan mengubah uap tekanan tinggi tersebut menjadi cairan tekanan tinggi dengan adanya medium pada kondensor (udara maupun air )

Jadi panas dari ruang dan panas dari kompressor akan di serap medium pendingin.

Suatu sistem pendingin (refrigerasi) yang seimbang adalah jika uap pendingin yang diisap oleh kompesor  = jumlah uap yang berkondensasi pada kompresor.

3. Pipa kapiler

Pipa kapiler di buat dari pipa tembaga dengan lubang dalam yang sangat kecil.

Panjang dan lubang pipa kapiler dapat mengontrol jumlah bahan pendingin (refrigeran)yang ke evaporator. Karena temperatur dan tekanan cairan dari kondensor terlampau tinggi untuk terjadinya penguapan dalam kondisi ruangan, maka di gunakan pipa kapiler (liquid control device ) yang bekerja sebagai suatu tahanan aliran fluida (bahan pendingin cair.

Dengan adanya tahanan tersebut, tekanan fluida akan turun, dan sebagian kecil cairan pendingin menguap (dikenal sebagai "flash gas"

Penguapan ini akan menyerap panas dari cairan pendingin, sehingga temperatur cairan berkurang sampai tempertaur jenuh pada tekanan yang berkurang tersebut.

Jadi pipa kapiler ini mengatur suhu, tekanan dan laju aliran bahan pendingin (refrigran) yang menuju ke evaporaot. Pipa Kapiler (Capillary tube) gunanya untuk :
  1. Menurunkan tekanan bahan pendingin cair yang mengalir di dlamnya.
  2. Mengatur jumlah tekanan bahan pendingin cair yang mengalir melaluinya
  3. Membangkitkan tekanan bahan pendingin di kondensor
4. Evaporator 

Evaporator adalh bagian dari sistem pendinginan (fefrigerasi) yang berhubungan langsung dengan bahan yang akan di dinginkan. Penguapan bahan pendingin akan menyerap panas dari ruangan.

Kemampuan pengambilan sistem panas tergantugn pada jumlah kalor yang di serap di dalam evaporator, yang di sebu efek refrigerasi.Fungsi dari evaporator adalah untuk menyerap panas udara atau benda dalam lemari es dan mendinginkannya, kemudian membuang kalor tersebut melalui kondensor yang tidak didinginkan.

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Kalau boleh saya tau, apa saja tanda-tanda kompresor ac apabila kekurangan oli ? Sebab saya sudah menggunakan kulkas 2 pintu selama 4 tahun, tetapi pada bagian kompresor kulkas saya tiba-tiba bunyi greser-gresek, sehingga pipa ac saya mengalami kebocoran.

    BalasHapus
  3. Bisa minta penjelasan bagaimana menghitung antara capiler.compresor.condensor.evaporator..terima kasih

    BalasHapus
  4. Mas, pipa ac kulkas saya bocor dan saya ingin menggantinya, tapi saya bingung dengan ukuran pk-nya berapa yah ?

    BalasHapus