Jumat, 12 Juni 2015

JENIS-JENIS FUNGSI REFRIGERATOR

Mesin-mesin pendingin pada dewasa ini semakin banyak dimanfaatkan seirama dengan kemajuan teknologi dan meningkatkan taraf hidup.
Penggunaan yang umum adalah untuk mengawetkan makanan. Mengawetkan makanan dapat di usahakan dengan cara di keringkan, diasap, di asinkan (diberi garam) , di rempah, di buat asinan dan di dinginkan.
Dahulu, manusia mendinginkan makanan dengan tujuan agar makanan dapat di simpan lebih lama dan tidak membusuk, meskipun sebab terjadinya pembusukan ini merka tidak ketahui.
Sekarang terjadinya pembusukan ini telah di ketahui, di sebabkan oleh jasad renik (microbes) yang ada dalam bahan makanan, yaitu : kuman, lumut, jamur dan lain-lain.
Pada suhu udara ruang (suhu biasa) dalam keadaan lembab, makanan cepat menjadi busuk karena pada temperatur biasa bakteri akan dapat berkembang dengan cepat sekali.
Pada suhu udara yang lebih tinggi, jasad renik (bakteri) dapat bekembang biak lebih cepat lag, sehingga jumlahnya berlipat ganda menjadi ribuan kali.
Telah diselidiki bahwa pada suhu rendah 4-10°C atau 40°F batas suhu yang paling baik di mana jasad renik (bakteri) sukar berkembang biak, sehingga makanan akan lebih tahan lama.
Jadi disini kita mengawetkan makanan-makanan dengan cara mendinginkan. Menyimpan dengan didinginkan tidak akan membuat barang-barang yang disimpan menjadi lebih baik mutu dan keadaannya, juga tidak untuk membuat steril. tetapi hanya mengusahakan agar bahan makanan tidak cepat membusuk dan menjadi rusak. jadi, tujuan mendinginkan di lemari Es (Refrigerator) Yaitu :

  1. Agar dapat menyimpan makanan lebih lama dalam keadaan tetap baik.
  2. Membuat buah-buahan dan minuman lebih enak rasannya.
  3. untuk membuat film dan bahan kimia agar tidak rusak.
  4. untuk membuat Es

Suhu di Dalam Lemari Es

Tidak ada komentar:

Posting Komentar